Contoh Surat Keterangan Kerja Doc

Contoh Surat Keterangan Kerja Doc

Kamu sedang membutuhkan surat keterangan kerja?. Cek disini pengertian, fungsi, format, cara membuat dan contoh surat keterangan kerjanya.

Pengertian Surat Keterangan Kerja

Apa sih yang dimaksud surat keterangan kerja? Yaitu sebuah surat yang berisi informasi mengenai data profil seseorang dalam sebuah perusahaan. Informasi ini merupakan konfirmasi posisi pekerjaan seseorang pada sebuah perusahaan.

Surat keterangan kerja dikeluarkan oleh perusahaan kamu bekerja. Ditulis dan ditanda tangani oleh orang yang berwewenang di perusahaan (contoh; atasan kamu atau bagian hrd).

Fungsi dan Tujuan Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan kamu bekerja memiliki berbagai fungsi. Beberapa manfaat surat keterangan kerja adalah:

Untuk Kebutuhan Perbankan

Paling umum dalam sebuah perusahaan biasanya harus memiliki rekening bar tertentu untuk pembayaran gaji. Nah, biasanya pihak perusahaan akan membuatkan surat keterangan kerja sebagai lampiran kamu ketika membuat dan membuka rekening di Bank.

Jika kamu ingin membuat kartu kredit juga bisa lebih mudah apabila kamu melampirkan surat keterangan kerja dari perusahaan kamu.

Sebagai Surat Pengalaman Kerja Untuk Melamar Kerja

Ketika kamu sudah melakukan resign dari tempat kerja kamu. Kamu akan mendapatkan surat keterangan kerja untuk menjadi referensi pengalaman kerja. Surat ini dapat digunakan untuk melamar kerja. Menegaskan informasi bahwa kamu telah memiliki pengalaman bekerja di sebuah perusahaan.

Kebutuhan Pendidikan

Surat pengalaman kerja juga dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan. Misal untuk mendaftar beasiswa. Beasiswa jalur profesional yang biasanya diberikan oleh pemerintah dan atau swasta. Syarat pendaftaran beasiswa tersebut salah satunya adalah memiliki surat keterangan kerja.

Fungsi dari Surat keterangan kerja

Bagi orang yang diterangkan dalam surat keterangan. Dapat menjadi dukungan secara moral, karena isinya adlah sebuah konfirmasi formal yang menguatkan keadaan dirinya dalam sebuah perusahaan..

Bagi pihak yang memmberikan surat keterangan. Berguna sebagai sarana untuk menyampaikan informasi resmi kepada pihak-pihak terkait.

Bagi pihak terkait. Berfungsi untuk validasi, sebagai sarana untuk mengetahui informasi identitas atau keterangan penting dalam surat keterangan kerja.

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Bagaimana jika kamu ingin membuat surat keterangan kerja ini. Jika anda adalah pekerja di sebuah perusahaan. Seharusnya kamu tidak perlu repot repot untuk membuatnya sendiri. Kamu tinggal meminta kepada atasan kamu atau kepada bagian personalia di perusahaan tempat kamu bekerja. Asalkan alasan tujuan meminta dibuatkannya surat tepat pasti akan dibuatkan.

Secara umum permohonan pembuatan surat keterangan kerja langsung kepada atasan atau kepada bagian HRD. Tapi masing-masing perusahaan pasti memiliki alur permohonan untuk pembuatan surat. Setiap perusahaan tidak selalu sama, tergantung peraturan di perusahaan seperti apa. Jadi, jangan lupa cari tahu dulu bagaimana alurnya di perusahaan kamu bekerja ya.

Format Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja yang baik dan benar setidaknya memiliki format seperti berikut ini:

  • Kop Surat Perusahaan. Berisi informasi perusahaan seperti, nama perusahaan, alamat dan nomor telepon.
  • Perihal Surat. Berisi tentang judul surat, nomor surat, tujuan surat jika diperlukan.
  • Isi surat yang berisikan:
    • Informasi Biodata Pekerja. Nama, tempat lahir, alamat (sesuai KTP) dan posisi jabatan.
    • Berapa lama waktu bekerja dengan posisi jabatan tersebut.
    • Penilaian kerja dari atasan.
  • Penutup surat.

Pengesahan surat dari yang berwenang. Lengkap dengan tempat dan tanggal dibuatnya surat. Dibubuhi tanda tangan dan nama penanda tangan serta stempel resmi perusahaan.

sumber: serbabisnis.com

comments powered by Disqus

villanroll